MERIAHNYA PEMBUKAAN FESTIVAL SENI BUDAYA DAN HUT MUARA MUNTAI KE 124 DI DESA KAYU BATU

  • Jul 20, 2023
  • Kantor Desa Kayu Batu

Meriahnya Pembukaan Festival Seni Budaya dan Hut Muara Muntai Ke – 124 di Desa Kayu Batu. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, Rabu 19 Juli hingga Minggu 23 Juli 2023. Festival ini dilaksanakan di Lapangan Bola jalan Dr.Sutomo RT 004 Desa Kayu Batu Kecamatan Muara Muntai.

 

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Teknis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tauhid Afrilian Noor,SP.,M.Si. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Kayu Batu Andri Shofyandani,S.Pd. Ketua Panitia Festival Seni Budaya Sopiannur,S.Pdi. Beserta seluruh undangan dan masyarakat Desa Kayu Batu

 

Kepala Desa Kayu Batu Andri Shofyandani,S.Pd mengatakan “ Kegiatan Festival Seni Budaya ini sebagai wujud melestarikan nilai-nilai budaya lokal didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki tidak punah. Selain melestarikan budaya lokal, menggali potensi,kreatifitas anak-anak muda muara muntai dan memberikan peningkatan hasil UMKM,”

 

“Kami Pemerintah Desa Kayu Batu juga ikut serta memeriahkan acara Festival Seni Budaya dan HUT muara muntai yang ke 124 ini dengan mengadakan lomba balap ces dan senam zumba,”

“Melihat animo masyarakat yang sangat tinggi dan banyaknya nilai-nilai positif dengan adanya kegiatan ini, kami seluruh Kepala Desa yang berada di wilayah Kecamatan Muara Muntai akan meneruskan suasana Festival Seni Budaya ini sampai dengan bulan Agustus nantinya. Sekaligus menyambut rangkaian HUT Kecamatan Muara Muntai yang ke 124 dan HUT RI yang ke 78 Tahun,” Jelasnya

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Muara Muntai pada umumnya dan masyarakat Desa Kayu Batu pada khususnya yang telah ikut serta meramaikan kegiatan ini dengan memasang umbul –umbul, menghias dan membersihkan lingkungannya,” Tambahnya.

 

Sementara itu ketua panitia pelaksana festival seni budaya Sopiannur,S.Pd menyampaikan dalam laporannya “ Untuk memeriahkan acara ini selain menampilkan seni budaya akan ada beberapa lomba tradisional yang sudah kami siapkan yaitu asen halok,terpelan,begasing,lomba tari tradisional, senam zumba dan balap ces,”

 

“Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutai Kartanegara lewat anggaran Pokir Anggota Dewan Sopan Sopian. Kepala Desa Kayu Batu beserta seluruh jajarannya dan seluruh lapisan masyarakat terutama pemuda Desa Kayu Batu yang selama ini turut membantu dan meluangkan waktunya demi suksesnya acara ini. Terimakasih atas partisipasinya,” Ucapnya.

 

Salah satu masyarakat yang ikut merasakan dampak positif dari kegiatan ini yaitu penggiat UMKM Lisnawati menyampaikan harapannya “Semoga kegiatan ini bisa berlanjut setiap tahunnya agar bisa membantu UMKM-UMKM seperti kami ini”

Penulis : Kader Digital Desa Kayu Batu

 

#Festivalsenibudaya

#Hutmuaramuntai

#Dinaspendidikandankebudayaan

#Kutaikartanegara

#muaramuntai