Diskominfo Kukar Gelar Bimtek Pengelolaan Website Bagi Aparat Desa dan Kelurahan

  • May 11, 2023
  • Kantor Desa Kayu Batu
  • Bimtek

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Bimtek Pengelolaan Website Bagi Aparatur Desa serta Keluarahan di Kukar. Bimtek tersebut dilakasanakan selama 2 hari ini, Kamis 11 hingga 12 Mei 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat lantai 3 Kantor Diskominfo Kukar Jalan Pahlawan No. 1 Bukit Biru Tenggarong.

 

Bimtek tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Kukar Dafip Haryanto. Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Bidang E-Government Tantri Saptadewi dan Pranata Komputer Fedlandy Yulian dan 14 desa yang diundang dalam kegiatan tersebut, 4 desa diantaranya berada dikecamatan muara muntai, muara muntai ulu, muara muntai ilir,pulau harapan dan desa kayu batu.

 

Kadis Kominfo Kukar menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengelola website desa melalui aplikasi Sideka-NG dan kelurahan melalui aplikasi wordpress. “Website merupakan media interaksi antara masyarakat dan Pemerintah Desa dan Kelurahan. Kegiatan pemerintahan dan pembangunan dimasa depan akan berbasis digital. Untuk itu diperlukan

 

pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan website baik secara teknis maupun produksi konten,” ujarnya.

Materi pada hari pertama disampaikan oleh Zainul Effendi Joesoef yang menyampaikan materi tentang sejarah jurnalistik, bubble filter, echo chumber, cyber ghetto, konglomerasi media, perbedaan media konvensional dan media baru, serta dasar-dasar penulisan jurnalistik.

Zainul Effendi Joesoef menyampaikan harapannya materi yang disampaikan dapat dipahami dan diimplementasikan dalam bidang kerja para peserta bimtek. “Saya berharap ada lomba atau penilaian website desa dan kelurahan di masa depan. Penulisan berita didalam website ataupun media sosial oleh pihak pemerintah merupakan kewajiban Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dan Pelayanan Publik. Perlu kita pahami bersama bahwa informasi publik adalah Hak warga negara yang dilindungi didalam Konstitusi,” tegasnya.

 

Sekretaris Desa Kayu Batu Kecamatan Muara Muntai Asmiransyah menyampaikan kesannya bahwa bimtek yang digelar hari ini sangat bermanfaat untuk pemerintah desa dalam menyampaikan informasi publik. Dengan demikian masyarakat dapat mengetahui, mengontrol kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa.

 

Sementara itu, Staf Desa Loh Sumber Kecamatan Loa Kulu Heni Syntia Putri menyampaikan bahwa kegiatan ini menambah wawasan dan pelajaran untuk peserta yang mengikuti bimtek. “Semoga hasil bimtek dapat diimplementasikan pada website desa,” ujarnya.

Sekdes Pulau Harapan Kecamatan Muara Muntai Yeswadi menyampaikan kesannya bahwa bimtek ini sangat bermanfaat. “Saya berharap waktu bimtek bisa lebih panjang,” harapnya.

Penulis: Firilli Dwi Yanti (Staf Kasi Pemerintahan Desa Rempanga)

Editor: (Kader Digital Desa Kayu Batu)