Desa Kayu Batu Laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Untuk Tahun Anggaran 2024

  • Sep 20, 2023
  • Kantor Desa Kayu Batu

Pemerintah Desa Kayu Batu Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) untuk pembangunan tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 September 2023. Bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Jalan Dr Nazir RT 003 Desa Kayu Batu.

 

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Camat Muara Muntai Ansarullah Roeslan. Hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuryadi, Kepala Desa Kayu Batu Andri Shofyandani,S.Pd, Ketua BPD Hardiansyah, Pendamping Lokal Desa Mahmudin, Pendamping Desa Lewi Ansari, Pendekar Idaman Faisal Januard, Babinsa Muhammmad Thamsir, UPT Puskesmas, UPT Dinas Pendidikan, UPT Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Perhubungan, dan Manager PT Jaya Mandiri Sukses, serta kurang lebih 90 undangan lainnya yang hadir

 

Sekretaris Camat menyampaikan dalam kegiatan ini “apa yang sudah dirancang dari musyawarah tingkat RT semoga semuanya bisa dimasukan dalam rancangan kerja Pemerintah Desa Kayu Batu dan mudah-mudahan bisa maksimal dalam membangun dan melaksanakan usulan itu karna anggaran kita juga Insyallah cukup besar untuk tahun depan. Mudah-mudahan itu bisa memenuhi segala kebutuhan masyarakat”. Harapnya ..

 

Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Muntai menyampaikan “ Dari beberapa Desa yang saya hadiri dalam acara musrenbangdes. Desa kayu batu merupakan desa yang tingkat partisipasi kepedulian masyarakatnya di dalam pembangunan desa itu sangat tinggi karena bisa dilihat dari antusias masyarakat yang hadir pada hari ini”. Terangnya ..

“Ini menandakan bahwa pemberdayaan masyarakat, partisipasi, keterbukaan dan tranparansi Pemerintah Desa Kayu Batu sangat tinggi sehingga masyarakat mau ikut berpartisipasi dalam pembangunan”. Tambahnya ..

 

Kepala Desa Kayu Batu berharap “di dalam DU RKP kita usulkan bersiap siap dari RT 3 sampai dengan 6 untuk peninggian dan pelebaran jembatan dan untuk RT 7 diperubahan ini ada jalan swarga, pagar kuburan dan jalan menuju kuburan yang mudah-mudahan bisa terlaksana”.

 

“Kami bersyukur saat ini Indeks Desa Membangun kita sudah Mandiri, ini berkat dorongan pendamping kerjasama dengan kawan kawan para Sekdes, BPD, Pemerintah Desa dan Seluruh Ketua RT. Semoga apa yang sudah kita capai saat ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan”. Tambahnya ..

 

Ketua BPD menyampaikan “Musrenbangdes yang dilaksanakan hari ini adalah merupakan forum musyawarah agenda tahunan. Dalam rangka menyiapkan rencana prioritas kegiatan tahun 2024 di Desa Kayu Batu dengan tetap memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah (RPJMDES). Ujarnya ..

 

“Melalui kegiatan ini akan disampaikan beberapa hasil kesepakatan dan kemufakatan yang telah kita laksanakan baik mulai dari musyawarah tingkat RT yang menjadi skala prioritas untuk kita laksanakan. Termasuk daftar skala prioritas kegiatan yang diusulkan ke musrenbangdes tingkat kecamatan yang dibiayai melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan Bantuandari APBN”. Tambahnya

 

Kepala UPT Dinas Pertanian “ Kami berharap pendaftaran ulang dari kelompok kelompok tani yang ada permohonan bantuannya agar bisa mendaftarkan kembali kelompok-kelompoknya kepada UPT kami dengan membawa ktp seluruh anggota untuk bisa diinputkan dan disinkron lagi karena tanpa persyaratan itu proposal tidak bisa di realisasikan meskipun kelompok tersebut sudah lama di bentuk”. Jelasnya..

 

“kelompok tani dan kelompok wanita tani yang ada di Desa Kayu Batu di dinas kami menyediakan banyak sekali bantuan-bantuan berupa bibit-bibit untuk pengembangan pertanian maupun untuk pengembangan peternakan. Kalau memang bapak ibu berminat untuk melakukan pengembangan tersebut silahkan bentuk kelompoknya dan disetujui oleh PPL dan Kepala Kordinator UPT silahkan ajukan proposalnya kepada dinas kami”. Tambahnya ..

 

Kepala UPT Dinas Pendidikan “ Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Desa Kayu Batu yang sudah mengcover apa yang dibawah kami. Kami juga mendorong agar terbentuknya sekolah baru di RT 7 Desa Kayu Batu karna sudah mencukupi kuota”. Jelasnya ..

 

“Mungkin nanti dari pihak perusahaan-perusahaan yang ada di wilayah Desa Kayu Batu untuk bisa membantu baik itu infrasruktur maupun sumber daya manusia dan terutamanya pendidikan untuk anak anak kita disana”. Harapnya ..

 

Manager PT JMS menyampaikan “saya akan kawal usulan-usulan dari kawan-kawan yang minta di biayai kepada perusahaan kita melalui dana CSR kepada Kepala CSR di PT Jaya Mandiri Sukses”. Jelasnya

 

Ketua Forum Anak Kecamatan menyampaikan harapannya “Semoga pihak pemerintah desa kayu batu bisa melakukan pendataan untuk anak disabilitas dan bisa memberikan perhatian khusus kepada anak penyandang disabilitas”

 

“Kemudian juga pihak pemdes bisa membangun tempat untuk pengembangan kreativitas anak-anak muda agar generasi kita terhindar dari kenakalan remaja atau pergaulan bebas”. Harapnya..

 

 

#kayubatu

#muaramuntai

#kecamatanmuaramuntai

#kutaikartanegara

#Ikn

#kemendes

 

Penulis : Kader Digital Desa Kayu Batu