Cegah stunting dan siapkan generasi emas untuk tahun 2045 !

  • Jan 01, 2023
  • Kantor Desa Kayu Batu
  • Kesehatan

Selasa, 27 desember 2022

Kayu Batu - Sekretaris Desa (Asmiransyah) menyatakan bahwa upaya percepatan penurunan stunting harus dilakukan secara holistik, integratif dan berkualitas melalui kolaborasi lintas sektor semua elemen masyarakat.

"Khususnya kader kader terkait, perlu penguatan koordinasi dan sinergitas lintas sektor mulai dari pemerintah desa, rds,posyandu,kpm hingga pemangku kepentingan lainnya,"

"Mulai dari pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat hingga media perlu bersinergi dalam upaya percepatan penurunan stunting," katanya.

"Sinergitas antara pemrintah desa dan kader kader terkait juga diperlukan bukan hanya dari segi program tetapi juga dalam segi anggaran

Kemudian Asmiransyah juga menambahkan, sejumlah hal yang dapat dilakukan lintas sektor dalam percepatan penurunan stunting antara lain melakukan koordinasi untuk memetakan permasalahan berdasarkan data secara bersama.

"Perlu diskusi lintas sektor mengenai bagaimana data yang ada dapat dimanfaatkan untuk perencanaan, jika data masih kurang diskusikan bagaimana meningkatkan ketersediaan data ke depan," katanya.

Selain untuk perencanaan, data, dan penganggaran, kata dia, koordinasi dapat dilakukan secara tematik untuk mendukung komitmen, pembuatan regulasi, dan mencari dukungan untuk meningkatkan cakupan program.

"Seperti cakupan posyandu hingga monitoring evaluasi termasuk mencari sumber daya lain untuk mendukung percepatan penurunan stunting, agar desa kayu batu bisa menyumbangkan generasi emasnya pada tahun 2045" katanya.

Sementara itu, Kasi kasra kecamatan muara muntai (Marhita,) yang saat itu mewakili camat muara muntai mengatakan hal ini sesuai dengan program Bupati Kutai Kartanegara yaitu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya kebijakan dibidang kesehatan

Ia menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021 pasal 8 ayat 4 bahwa pelaksanaan percepatan penurunan stunting perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan. 

"Semua harus bekerjasama untuk menuntaskan stunting khususnya di kecamatan muara muntai agar kita bisa meyumbangkan generasi terbaik kita saat menyongsong IKN nanti" jelasnya..